Sepuluh Istilah Asuransi yang Perlu Anda Ketahui

Sepuluh Istilah Asuransi yang Perlu Anda Ketahui
Ada beberapa istilah asuransi yang penting dan seharusnya diketahui dan dipahami agar tidak menemui kesulitan dalam memahami berbagai hal yang berkenan dengan usaha perasuransian, yaitu:

1. Perusahaan Asuransi

Perusahaan asuransi adalah sebagai pengelola risk sharing dan perusahaan asuransi syariah sebagai pengelolaan dana tersebut sesuai dengan akad yang diperjanjikan.

2. Peserta Asuransi

Istilah peserta asuransi dikenal di dalam asuransi syariah, sedangkan di asuransi kovensional disebut nasabah. Peserta asuransi merupakan pihak pertama yang berbagai risiko dan memiliki hak untuk mendapatkan klaim yang telah disepakati oleh kedua belah pihak, antara perusahaan asuransi dan peserta, dan peserta asuransi berhak memiliki investasi apa yang akan digunakan.

3. Underwriting

Istilah asuransi yang ini artinya adalah proses penafsiran jangka hidup seorang calon peserta yang dikaitkan dengan besarnya risiko untuk menentukan besarnya premi. Underwriting asuransi syariah bertujuan memberikan skema pembagian risiko yang proposional dan adil di antara para peserta.

4. Polis Asuransi

Polis Asuransi adalah surat perjanjian yang dibuat antara peserta asuransi dan perusahaan asuransi. Di dalam polis asuransi terdapat perjanjian-perjanjian yang harus dijalankan dan di dalamnya juga terdapat akad-akad syariah yang digunakan. Untuk itu polis asuransi merupakan hal yang terpenting di antara kedua belah pihak.

Ada beberapa unsur dalam sebuah polis (perjanjian) yang dibuat oleh perusahaan, yaitu:
  • Polis asuransi harus memuat data peserta asuransi, baik itu nama, alamat tempat tinggal, besar premi yang harus dibayarkan, jangkawaktu pertanggungan, perhitungannya, dan berbagai informasi yang diperlukan lainnya.
  • Dalam setiap perjanjian pada polis asuransi, perusahaan berkewajiban membentuk pernyataan bahwa perusahaan akan menanggung beban risiko yang terjadi pada peserta, dan di dalam perjanjian itu peserta harus menyatakan sanggup untuk membayar premi yang telah ditetapkan.
  • Pada setiap polis terdapat pasal yang menjelaskan pertanggungan apa yang akan didapatkan dan penyebab klaim peserta tidak diberikan.
  • Polis asuransi harus ditandatangani oleh perusahaan asuransi.
5. Discovery Period

Discovery Period (kurun waktu penemuan) ketidakjujuran perlu dibatasi, yaitu selama 12-24 bulan. Apabila ada penemuan ketidakjujuran pada jangka waktu tersebut maka polis bisa dibatalkan.

6. Jangka Waktu Pertanggungan

Jangka Waktu Pertanggungan adalah jangka waktu yang menunjukkan lama waktu pertanggungan yang diberikan kepada peserta sehingga masa waktu pertanggungan akan habis sesuai dengan akad yang diberikan.

7. Tanggal Dikeluarkan Polis

Tanggal dikeluarkannya polis merupakan tanggal terbitnya sebuah polis asuransi yang diberikan kepada peserta, dengan melalui prosedur-prosedur yang harus diikuti oleh peserta. Pada waktu polis dikeluarkan, peserta wajib membaca dan memahami. Dalam memahami polis ini peserta diberi keleluasaan apakah ingin melanjutkan polis asuransinya atau membatalkannya. Untuk memahami polis itu peserta diberi waktu sekitar 30 hari. Setelah 30 hari, polis tidak bisa dibatalkan

8. Agen Asuransi

Agen Asuransi adalah seseorang atau badan hukum yang menjalankan bisnis untuk memperkenalkan atau memasarkan asuransi kepada masyarakat atau orang lain. Agen asuransi ini bisa juga disebut marketing asuransi.

9. Aktuaria

Aktuaria merupakan pegawai asuransi yang bertugas untuk melaksanakan perhitungan keuangan perusahaan.

10. Reasuransi

Reasuransi adalah pertanggungan ulang atau pertanggungan yang diasuransikan atau sering disebut asuransi dari asuransi. Reasuransi tidak hanya dimiliki oleh perusahaan asuransi konvensional. Perusahaan asuransi syariah juga memiliki perusahaan reasuransi syariah yang beroperasi untuk melindungi dan saling tolong-menolong di antara sejumlah perusahaan asuransi syariah melalui investasi dalam bentuk tabarru’ atau juga menggunakan akad wakalah bil ujrah.

Itulah sepuluh istilah-istilah perasuransian yang perlu anda ketahui. Masih banyak istilah-istilah lainnya yang akan kami upayakan share melalui blog ini. Semoga bermanfaat.