Sejarah, Visi Misi & Produk Asuransi PT. MAA Life Assurance


Sejarah, Visi Misi & Produk Asuransi PT. MAA Life Assurance
Sejarah Asuransi PT. MAA Life Assurance - MAA International didirikan pada 22 September 1968 di Kuala Lumpur. Pada tahun 1969, MAA telah terdaftar di Kuala Lumpur Stock Exchange dan telah dikategorikan sebagai saham blue chip. Saat ini MAA dikenal sebagai salah satu perusahaan asuransi terbesar di Malaysia, dan menawarkan berbagai solusi asuransi baik produk individu maupun group. Saat ini MAA tersebar di beberapa Negara, yaitu Philippines, Indonesia, Myanmar, dan Thailand, dan akan segera ekspansi ke Sri Lanka, India, Pakistan, China dan Timur Tengah.

Dalam Sejarah Asuransi Jiwa PT. MAA Life Assurance, pertama kali hadir di Indonesia pada 11 September 1998 dengan menyediakan asistensi manajemen teknis dengan perusahaan asuransi jiwa lokal. Pada Tahun 2001, PT MAA Life diresmikan sebagai perusahaan asuransi jiwa Joint Venture. Dengan keyakinan kuat dalam menyediakan financial security pada nasabahnya, MAA Life berkomitment untuk menjadi salah satu perusahaan asuransi jiwa terdepan di Indonesia dan memberikan pelayanan berkualitas pada semua nasabahnya. PT MAA Life juga memiliki divisi syariah yang berdiri sejak tahun 2000. Pada tahun 2004, MAA Life Assurance menerima penghargaan sebagai "Asuransi Syariah Terbaik" dari MUI (Majelis Ulama Indonesia).

Dalam rangka memenuhi kebutuhan akan ekonomi umat melalui program asuransi Jiwa yang berdasarkan syariah, MAA Life Assurance telah mengembangkan divisi syariah, yang berdiri sejak september 2000. Dasar dari produk-produk syariahadalah berdasarkan atau mematuhi prinsip syariah (QS:5:90 dan QS:2:275-276). Produk-produk tersebut harus terbebas dari gharar (ketidakpastian) , maysir (judi), riba (bunga) dan jalan lain yang mengandung ma'shiyat. Sebagai bukti pelayanan terbaik kepada pelanggan, di tahun 2008 PT. MAA Life Assurance berhasil mendapatkan penghargaan “Service Star Award” untuk kategori Call Center dari Global Service Quality Akademy. Ditahun yang sama PT. MAA Life Assurance mendapatkan sertifikasi ISO 9001-2000.

Saat ini, PT. MAA Life telah memiliki kantor cabang di Medan, dan 7 kantor perwakilan yang berlokasi di Jakarta, Surabaya, Denpasar, Batam, Bandung, Pekanbaru dan Pontianak. Saat artikel ini dibuat, MAA Life telah memiliki agen pemasaran lebih dari 1000 agen.

Visi dan Misi PT. MAA Life Assurance Syariah

Visi MAA adalah MAA menjadi yang nomor satu sedangkan Misi MAA Life Assurance yakni:

Nasabah:
  • Nomor Satu didalam menyediakan solusi keuangan terbaik dan perlindungan terbaik
  • Nomor satu didalam memusatk an pada kepuasan nasabah melalui efisiensi, inovatif, efektif, dan profesionalisme
Teman Bisnis:
  • Nomor satu didalam menyediakan penghargaan yang menarik melalui kontes yang inovatif
  • Nomor satu didalam meningkatkan kemampuan profesional yang terus menerus
Pemegang Saham:
Nomor satu didalam memaksimalkan hasil dari investasi

Lingkungan :
  • Nomor satu didalam memiliki standar yang tinggi pada komitmen dan integritas da lam rangka pelayanan yang memuaskan kepada seluruh nasabah
  • Nomor satu didalam memenuhi kebutuhan masyarakat untuk perlindungan masa depan.
Produk Yang Dihasilkan MAA Life Insurance

Semua produk yang dimiliki MAA merupakan strategi dan kebijakan MAA Life Assurance dalam tumbuh dan berkemba ng bersama para nasabahnya. Prioritas dititik beratkan pada jaminan dan pemelihar aan layanan yang tepat waktu dan efisien, MAA juga berdedikasi untuk menyediakan ke pedulian yang tinggi pada permintaan dan kebutuhan nasabah. Ini semua telah terl aksana melalui premi yang dipercayakan kepada MAA sebagai pondasi dan mencipta kan kejasama jangka panjang, yang saling menguntungkan kedua belah pihak.

Nasabah adalah prioritas utama dan kepedulian terbesar MAA, dan MAA memastikan pelayanan yang maksimal akan tersedia dari para agen pemasaran yang bermutu tinggi, dinamik, dan staff-staff yang dapat dipercaya. MAA Life Assurance memiliki dukungan penuh dari reassurance rekanan MAA.

Dasar dari produk-produk MAA adalah produk syariah yang sesuai dengan prinsip syariah. Produk itu ha rus tidak mengandung elemen gahrar (ketidak pastian) , maysir (Judi), riba (Bunga) dan elemen-elemen lain yang mengandung maksiat.

Dalam rangka memelihara mutu marketing pemasaran, MAA terus menerus meningkatkan mutu yang tinggi dan pelati han dalam memberikan gambaran yangbaik pada para nasabah. Berikut adalah produk-produk Individu yang dikeluarkan oleh MAA Life Assurance:

1. Syariah Comprehensive Accident Plan (SCAP)

Produk MAA Life Assurance yang pertama ini adalah program asuransi kecelakaan diri yang komprehensif berdasarkan konsep syariah. SCAP dirancang khusus dalam menjaga keutuhan keuangan keluarga akibat kecelakaan. SCAP memberi perlindungan kepada peserta diseluruh dunia 24 jam, 365 hari sepanjang tahun.

Maanfaat produk :
  1. Santunan meninggal dunia akibat kecelakaan sebesar 100% dari manfaat takaful
  2. Santunan cacat tetap sebagian atau total hingga 100% dari manfaat takaful
  3. Cacat sementara, sehingga tidak mampu melaksanakan pekerjaan akibat dari kecelakaan, jaminan yang diberikan adalah suatu kompensasi mingguan (weekly indemnity )
  4. Penggantian kembali biaya pengobatan atau perawatan (Medical Reimbursement) di rumah sakit hingga 10% dari manfaat takaful
  5. Santuanan duka sebesar Rp. 500.000,- dari manfaat takaful
Keunggulan produk :
  1. Premi terjangkau tetapi manfaat besar
  2. Perlindungan kecelakaan seluruh dunia
  3. Plus santunan meninggal dunia akibat sakit maupun kecelakaan sebesar Rp. 500.000,- dari manfaat takaful
  4. Bilamana tidak ada klaim, bagi hasil surplus hingga 30%; manfaat perpanjangan hingga Rp. 10.000.000,- bagi anak-anak gratis
  5. Tersedia mata uang rupiah dan US Dollar
2. Sehat Indonesia Plus

Program asuransi kesehatan rawat inap yang dirancang untuk memberikan kemudahan kepada setiap peserta dalam mendapatkan pelayanan rumah sakit. Kartu kepesertaan dapat berlaku di seluruh dunia. Khusus di Indonesia kemudahan diberikan di lebih dari 300 rumah sakit provider dan untuk pelayanan lainnya berlaku sistem reimbursement. Pada rumah sakit provider, nasabah akan terbebas dari uang jaminan (cashless).

Bagi peserta sehat indonesia plus, manfaat yang di berikan sangat luas. Selain rawat inap, program ini juga me mberikan pelayanan lain. Diantaranya: biaya ICU, kunjungan dokter, obat-obatan, laboratorium, rawat jalan karena kecelakaan, penggantian rawat jalan sebe lum dan sesudah perawatan di rumah sakit serta santunan duka apabila peserta meninggal dunia karerna kecelakaan.

Manfaat produk :
a. Manfaat perawatan di rumah sakit
b. Manfaat pembedahan di rumah sakit
c. Manfaat rawat jalan akibat kecelakaan
d. Manfaat sebelum dan sesudah masuk rumah sakit
e. Manfaat meninggal dunia karena kecelakaan

Ketentuan :
  1. Usia masuk minimal adalah 15 hari dan sudah keluar dari rumah sakit dan maksimal 60 tahun. Untuk perpanjangan, usia masuk maksimal adalah 65 tahun. Asuransi akan batal secara otomatis pada usia 66 tahun
  2. Masa asuransi adalah 1 tahun da n dapat diperpan jang setiap tahun
  3. Cara pembayaran kontribusi adalah tunggal
  4. Dalam kasus perpanjangan, MAA hanya akan menunggu formulir konfirmasi perpanjangan dan data yang lengkap maksimal pada tanggal polis habis masa berlakunya. Setelah hari tersebut maka peserta harus mengajukan aplikasi baru sehingga semua ketentuan untuk polis baru akan dikenakan kembali
  5. Kartu peserta baru berlaku setelah 30 hari sejak kepesertaan Sehat Indonesia Plus disetujui kecuali ap abila dalam masa waktu tersebut peserta terkena kecelakaan, maka kartu peserta dapat langsung di pergunakan
  6. Kondisi medis apapun yang telah terdiagnosa atau yang membutuhkan perawatan medis sebelum tanggal masuk asuransi meskipun belum dilakukan pemeriksaan (pre-Existing Condition) , akan dijamin pada awal bulan ke-13 setelah tanggal polis terbit dan tanggal penyakit tersebut terjadi atau terdiagnosa (khusus peng ecualian tidak akan diganti seperti pelayanan di luar rumah sakit, perbuatan melukai diri sendiri, AIDS, narkoba dan semacamnya).
Penyakit khusus merupakan penyakit yang terjadi baik disadari akan adanya penyakit tersebut atau tidak, merupakan bagian dari pre-exiting seperti batu dalam kandung kemih, ginjal dan salurannya, darah tinggi dan jantung.

3. MAAX Link Maximum Investment

Program investasi yang dikemas oleh perusahaan asuransi yang memperkenalkan nasabah untuk menikmati investasi didalam bisnis asuransi melalui kendaraan yang dikenal dengan sebutan unit link. Investasi unit link ini adalah investasi jangka menengah hingga jangka panjang dan mempunyai karakter investasi yang dapat di sesuaikan dengan kebutuhan nasabah.

MAAX Link Investment menawarkan investasi terpadu yang dikelola secara profesional guna membantu men capai hasil maksimal dan membawa peserta ke tingkat kenyamanan finansial yang diinginkan.

MAAX Link Investment akan mengelola dan investasi sesuai dengan prinsip syariah sehingga hasil investasi akan menjadi lebih stabil, namun tetap memberikan hasil maksimal. Kerjasama MAA dengan Custodian Bank (Bank Penyimpanan Aset) akan memberikan jaminan terhadap keamanan dana yang di investasikan.

Fasilitas :
  • Fleksibilitas untuk menambah dan menarik investasi kapan saja
  • Biaya awal investasi yang terjangkau setiap kali berinvestasi
  • Bebas biaya penarikan
  • Bebas memilih jenis investasi sesuai kebutuhan
  • Bebas memindahkan investasi ke semua jenis investasi lain secara cuma-cuma dalam mata uang yang sama
  • Laporan investasi setiap tahun
  • Perlindungan asuransi jiwa
4. MAAX Life Sebuah Fleksibilitas

MAAX Life merupakan program unit link individu yang mengelola resiko jiwa dan investasi sekaligus secara bersama-sama dalam satu account.

Manfaat produk :

a. Manfaat takaful

Jika peserta meninggal dunia maka akan diberikan manfaat takaful dan hasil investasi pada saat resiko tersebut terjadi. Jika terjadi cacat tetap total sebelum usia 70 tahun, maka manfaat takaful akan diberikan dengan pembagian:
  1. 20% Manfaat takaful pada tahun pertama
  2. 80% manfaat takaful + nilai investasi yang ada pada tahun kedua dan polis berakhir
  3. Apabila dalam 2 tahun pertama terjadi resiko meninggal dunia,maka akan diberikan 80% manfaat takaful + nilai investasi tahun tersebut dan polis berakhir
b. Manfaat investasi

Apabila kontribusi yang diba yarkan tidak digunakan untuk pembayaran manfaat takaful maka kontribusi akan digabungkan menjadi nilai investasi. Investasi dikelola secara prof esional untuk dikembangkan hingga menghasilkan nilai yang lebih baik dari investasi lainnya.

c. Manfaat fleksibilitas
  1. Perlindungan tambahan (optional) seperti kecelakaan diri, penyakit kritis, hospital cash plan, pembebasan premi (premium waiver atau payor waiver atau spouse waiver), sehat indonesia plus plan executive dan term life
  2. Peserta dapat memilih cara bayar atau menghentikan kontribusi namun tetap memiliki manfaat perlindungan asuransi yang sama selama polis masih memiliki nilai investasi yang mencukupi untuk menutupi biaya wakalah dari waktu ke waktu.

5. MAAX Life Untuk Proteksi

Memiliki ketenangan dalam bekerja walau setinggi apapun resikonya adalah harapan setiap orang. Sebagai orang yang bertanggungjawab kepada keluarga sudah menjadi kewajiban untuk menghila ngkan rasa cemas keluarga yang ditinggalkan.

MAA Life memberikan proteksi keuangan sesuai dengan tingkat resiko pekerjaan. Perlindungan ini dapat ditambah atau dikurangi sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan kerja pada saat ini. Dengan memutuskan mengambil MAAX Life maka peserta langsung mendapat investasi masa depan.

Keunggulan produk :
  • Proteksi khusus untuk resiko atas kejadian tsunami, banjir, gempa bumi, huru-hara
  • Penambahan 1 unit cash plan gratis
  • Manfaat takaful tambahan personal accident gratis 10% dari uang pertanggungan personal accident
  • Manfaat takaful di atas Rp. 400 juta akan diberikan Assist America untuk seluruh keluarga.
6. MAAX Life Untuk Umrah atau Haji

Investasi dikelola secara Syariah pada tempat investasi yang halal seperti; bank, saham, obligasi dan reksadana syariah.

Keunggulan produk :
  • Program proteksi dan investasi untuk umroh dan haji berdasarkan investasi syariah
  • Selama menunaikan ibadah haji sesuai dengan ketentuan pemerintah maka akan diberikan manfaat takaful tambahan: Personal Accident sebesar Rp. 50.000.000,- secara gratis
  • Sangat fleksibel untuk menambah dana (Ongkos Naik Haji)
  • Setelah selesai menunaikan ibadah haji dan masih ada investasi yang tersisa, maka dapat dilanjutkan ke program MAAX Life lainnya melalui proses administrasi yang sangat mudah
  • Apabila terdiagnosa salah satu dari 36 penyakit kritis, maka kontribusi akan dibebaskan secara otomatis gratis.
7. MAAX Life Untuk Pendidikan

Tidak ada yang perlu dicemaskan untuk kelangsungan jaminan dana pendidikan, karena MAA juga memberikan proteksi keuangan pada peserta, keputusan hari ini menentukan masa depan pendidikan putra putri peserta.

Keunggulan produk :
  • Perencanaan dana pendidikan.
  • Selama masa asuransi, anak akan mendapatkan manfaat takaful tambahan: personal accident gratis Rp. 20 juta hingga lulus S1 atau usia anak 25 tahun, mana yang lebih tercapai terlebih dahulu
  • Sangat fleksibel yaitu dapat menamb ah dan menarik dana pendidikan kapanpun (bila dibutuhkan)
  • Apabila program dana pendidikan telah berakhir, maka dapat dilanjutkan ke program MAAX Life lainnya melalui proses administrasi yang mudah
  • Apabila orang tua terdiagnosa salah satu dari 36 penyakit kritis, antara lain batu dalam kandungan kemih, ginjal dan salurannya, darah tinggi dan jantung, segala jenis hernia, tonsillitis dan penyakit rongga hidung yang memerlukan pembedahan, katarak, segala jenis tumor, kanker dan hemorrhoids, kerusakan lambung dan usus dua belas jari, endometriosis dan adenomyosis, diabetes mellitus, gastritis dan duodenal ulcer (tukak lambung dan usus dua belas jari), maka kewajiban kontribusi selanjutnya secara otomatis akan dibebaskan gratis.
8. MAAX Life Untuk Pensiun

Keindahan dan kebahagiaan menjalani hari tua sangatlah ditentukan dengan keputusan hari ini. Untuk membantu hal ini MAAX Life memberikan proteksi keuangan sekaligus investasi yang dikelola secara profesional oleh Fund Manager yang berpengalaman sehingga dapat memberikan hasil investasi yang maksimal demi terwujudnya masa depan peserta.

Keunggulan produk :
  • Program investasi untuk dana pensiun
  • Setelah program ini melewati 3 tahun masa bayar, maka akan diberikan manfaat takaful tambahan: personal accident gratis 10% (khusus untuk kontribusi tahunan Rp. 3,6 juta atau kontribusi bulanan Rp. 300rb)
  • Sangat fleksibel untuk mena mbah dana investasi kapanpun
  • Dapat melakukan perubahan jenis investasi maksimal 3 kali per tahun secara gratis
  • Dapat mengambil dana yang telah diinve stasikan lebih awal pada usia 45 tahun maksimal 80% dari dana investasi yang ada.
Ada 4 pilihan investasi sesuai kebutuhan yang terdiri dari :
a. MAA Big Equity Fund
b. MAA Big Cash Fund
c. MAA Big Managed Fund
d. MAA Big Income Fund

Demikian uraian sejarah kehadiran PT. MAA Life Assurance di Indonesia, Visi dan Misinya serta beberapa produk asuransi jiwa yang dimiliki oleh PT. MAA Life Assurance.