Mengenal Produk Asuransi PT. Prudential Life Assurance


Mengenal Produk Asuransi PT. Prudential Life Assurance
Bisnis utama PT. Prudential Life Assurance adalah memberikan layanan serangkaian produk asuransi jiwa traditional dan dua produk asuransi jiwa yang dikaitkan dengan investasi (unit link). Dengan paduan keahlian lokal serta pengalaman bersifat internasional, PT. Prudential Life Assurance telah mengembangkan produk maupun perlindungan yang fleksibel sesuai dengan kebutuhan nasabah. Adapun Produk Asuransi Prudential yang ditawarkan kepada para nasabah maupun calon nasabahnya yakni:

Produk Traditional

Produk-produk tradisional yang ditawarkan bagi individu antara lain:

1. PRUlife

PRUlife merupakan asuransi seumur hidup dengan hak pembagian laba. Produk ini memberikan perlindungan kepada Tertanggung dalam hal Tertanggung meninggal dalam masa asuransi maka 100% dari Uang Pertanggungan akan dibayarkan kepada Ahli Waris atau pihak yang ditunjuk selama belum ada klaim TPD (Total Permanent Disablement). Produk ini memberikan nilai tunai di mulai pada akhir tahun ke-3, dalam hal Pemegang Polis membatalkan polis ini. Dan untuk produk ini, Pemegang Polis memiliki kewajiban membayar premi seumur hidup untuk mendapatkan perlindungan asuransi seumur hidup.

2. PRUprotection Plus

Produk asuransi prudential yang satu ini memberikan perlindungan kepada Tertanggung dalam hal Tertanggung meninggal dalam masa asuransi, maka 100% dari Uang Pertanggungan akan dibayarkan kepada Ahli Waris atau pihak yang ditunjuk. Begitu juga apabila dalam masa asuransi, Tertanggung mengalami cacat total dan tetap maka Penanggung akan membayarkan manfaat sebesar Uang Pertanggungan dengan 2 kali tahap pembayaran yakni sebesar 20% dari Uang Pertanggungan untuk tahun I dan sisanya akan dibayarkan pada tahun II. Asuransi ini memberikan nilai tunai dimulai pada akhir tahun polis ke-3 dalam hal Pemegang Polis membatalkan polis ini. Pemegang Polis memiliki kewajiban membayar premi seumur hidup sampai Tertanggung berusia 85 tahun

3. PRUsave

Produk ini merupakan jenis asuransi Dwi Guna dengan hak pembagian laba serta memberikan manfaat proteksi terhadap Cacat Total dan Tetap dan pembedahan serta perawatan di rumah sakit. 100% (seratus persen) Uang Pertanggungan akan dibayarkan sekaligus kepada Ahli Waris atau pihak yang ditunjuk, dalam hal Tertanggung meninggal dalam masa asuransi, selama belum ada klaim Cacat Total dan Tetap.

Dalam hal Tertanggung mengalami Cacat Total dan Tetap selama masa asuransi, maka 100% Uang Pertanggungan akan diberikan secara bertahap yakni 20% untuk tahap pertama dan 80% untuk tahap kedua. Apabila di akhir masa asuransi, Tertanggung masih hidup dan polis masih berlaku, maka 100% Uang Pertanggungan akan diberikan kepada Pemegang Polis. Produk ini juga memberikan nilai tunai, dalam hal Pemegang Polis membatalkan polis ini. Dimana nilai tunai ini akan mulai terbentuk pada akhir tahun ke-3. Masa asuransi untuk produk ini adalah 10 sampai dengan 30 tahun atau selama usia tertanggung ditambah masa asuransi tidak boleh lebih dari 70 tahun

4. PRUcash

Produk ini hampir persis sama dengan PRUsave. Hanya bedanya produk ini memberikan manfaat tahapan jatuh tempo yakni sebesar 10% dari Uang Pertanggungan untuk setiap 3 tahun, yang disesuaikan dengan masa asuransi polis.

5. PRUinvestor Plus

PRUinvestor Plus, merupakan kombinasi antara asuransi Dwi Guna dengan hak pembagian laba (bonus), dengan asuransi kecelakaan dan unsur investasinya. Dimana Premi yang dibayar oleh Pemegang Polis, dibagi atas 2 alokasi dana yakni : 20% untuk asuransi dan 80% untuk investasi. Manfaat meninggal dari produk ini adalah 100% Uang Pertanggungan ditambah bonus, selama belum ada klaim Cacat Total dan Tetap ditambah Saldo Akhir Investasi. Dan bila meninggalnya disebabkan karena kecelakaan maka akan ditambahkan 100% Uang Pertanggungan. Pada akhir masa asuransi, bila tertanggung masih hidup dan polis masih berlaku, maka 100% Uang Pertanggungan ditambah bonus dan Saldo Akhir Investasi akan dibayarkan kepada Pemegang Polis. Masa asuransi yang tersedia untuk produk ini adalah 5 tahun dan 10 tahun. Dimana usia masuk ditambah masa asuransi tidak boleh lebih dari 70 tahun.

6. PRUhospital care

Perawatan PRUhospital adalah produk asuransi kesehatan yang memberikan Manfaat Harian. Jika Anda pernah dirawat di rumah sakit atau Anda harus mengambil perawatan di Intensive Care Unit, Bedah Operasi dan dirawat karena kecelakaan saat Anda bepergian ke luar negeri, Anda berhak untuk mendapatkan pembayaran kas harian.

7. PRUmajor medis

PRUmajor medis dirancang untuk menutupi kebutuhan perlindungan 24-jam kesehatan asuransi yang komprehensif di seluruh dunia. Dengan 24 perusahaan jam sehari, 7 hari seminggu dan 365 hari setahun perlindungan di seluruh dunia, PRUmajor medis memberikan bantuan medis yang komprehensif sebelum Anda menjalani rawat inap Anda. Sebagai perlindungan asuransi kesehatan utama, PRUmajor medis meliputi biaya pengobatan mendadak dan signifikan akibat penyakit atau kecelakaan. Produk ini akan menanggung biaya medis Anda dalam US Dolar dari pra ke post rumah sakit di Indonesia dan luar negeri (tidak berlaku untuk Amerika Serikat, Kanada dan Jepang). Dan jika kondisi kesehatan Anda mengharuskan Anda untuk memiliki perawatan di luar negeri, PRUmajor medis akan menanggung biaya pengobatan Anda berdasarkan standar biaya rumah sakit Singapura atau biaya yang sebenarnya, mana yang lebih rendah.

Produk Unit Link

Produk-produk asuransi jiwa dari asuransi prudential yang dikaitkan dengan investasi diantaranya:

1. PRUlink investor account

Produk asuransi seumur hidup dengan premi tunggal dan uang pertanggungan sebesar 125% dari premi tunggal ditambah 100% dari nilai pertambahan investasi (top up) setelah dikurangi dana yang telah ditarik, jika tertanggung meniggal dunia atau mengalami cacat total dan tetap sebelum usia 60 tahun.

2. PRUlink assurance account

Produk asuransi seumur hidup yang merupakan seri kedua dari produk PRUlink yang sangat fleksibel dan memberikan serangkaian fasilitas yang menarik sesuai dengan keinginan tertanggung, seperti fleksibilitas dalam merubah besarnya premi, tingkat perlindungan dan strategi investasi seusai dengan lima dana investasi yang tersedia, baik di pasar bursa, dana tetap (fixed income) ataupun dana tunai (cash fund).

Produk Syariah

PRUsyariah, yaitu produk asuransi yang dikaitkan dengan investasi berbasis syariah. PRUsyariah dirancang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan rancangan keuangan masa depan yang sesuai dengan prinsip-prinsip syariah Islam. Produk PRUsyariah sendiri baru diluncurkan pada September 2007. Produk PRUsyariah Prudential sudah sesuai dengan Ketentuan Fatwa Dewan Syariah Nasional-Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Baca pula : Bagaimana Mekanisme Pengelolaan Asuransi Syariah

Itulah sejumlah produk asuransi prudential yang kami peroleh pada saat dipublish nya artikel ini yakni di akhir tahun 2016. Update produk-produk dari asuransi ini untuk tahun 2017 dapat langsung mengunjungi web resminya di www.prudential.co.id. Semoga bermanfaat!